Bagian-bagian Gambar Fabrikasi Yang Harus Diketahui

Gambar fabrikasi merupakan gambar yang berisi instruksi dan petunjuk dalam fabrikasi (pembuatan) barang atau alat-alat industri dan konstruksi.

Bagian-bagian yang ada di gambar fabrikasi atau gambar proyek - ada juga yang menyebut ‘drawing’ – baik untuk fabrikasi structure,fabrikasi plat baja atau fabrikasi perpipaan pada dasarnya sama, dimana di dalamnya terdapat bagian-bagian yang menggambarkan bentuk,ukuran serta jenis material yang digunakan.

Disamping itu,juga terdapat beberapa item - yang jarang dilirik oleh para fitter(tukang konstruksi) - yaitu: Client (owner), Project (nama proyek), serta Description lainnya.

gambar.fabrikasi


Gambar fabrikasi merupakan alat utama bagi seorang fitter sebagai acuan dalam menerjemahkan instruksi ke dalam bentuk kerjaan.Tanpa gambar(drawing), seorang fitter(tukang) tidak bisa berbuat apa-apa.Menunggu instruksi dari pimpinan? Sudah bukan jamannya lagi.Itulah sebabnya, seorang fitter(tukang) harus mampu membaca gambar fabrikasi alias mampu menguasai gambar fabrikasi.

Jika ingin menjadi seorang fitter apalagi fitter ‘yang dicari’, langkah awal yang harus dipelajari adalah teknik membaca gambar fabrikasi (drawing).Teknik-teknik lain misalnya: cara memotong plat,cara setting,cara mengelas,cara assembly serta unsur-unsur lain yang berkaitan dengan pekerjaan fitter,seiring berjalannya waktu dengan sendirinya akan bisa anda kuasai,tentunya jika anda bener-bener mau belajar.

Baca juga :


Posting kali ini saya akan mencoba menjelaskan bagian-bagian gambar fabrikasi yang harus diketahui oleh siapapun yang ingin belajar gambar proyek fabrikasi dan konstruksi.Hanya bagian-bagiannya saja,untuk penjelasan secara detail semoga bisa saya posting pada kesempatan lain.

BAGIAN-BAGIAN GAMBAR FABRIKASI


Perhatikan gambar di bawah ini.

bagian.gambar.fabrikasi.yang.harus.diketahui

bagian.gambar.fabrikasi.yang.harus.diketahui


Bagian-bagian Yang Ada  Di Gambar Fabrikasi :

1 # CLIENT

“Client” adalah perusahaan pemberi job.Istilah lain misalnya : OWNER -  pemilik proyek.

2 # CONTRACTOR

“Contractor” adalah perusahaan atau badan usaha yang menjadi partner dari owner untuk mengerjakan proyek tertentu.


3 # PROJECT

“ Project”, nama  proyek yang akan dikerjakan.Kalau di bidang fabrikasi,project bisa diartikan nama product / barang yang akan dibuat,misalnya : Tank, Waste Heat Evaporation,Power House Structure dan lain-lain.

4 # TITLE

“Title” adalah judul ( nama ) bagian tertentu dari proyek yang akan difabrikasi, disassembly atau diinstalasi, yang merupakan pecahan dari proyek itu sendiri,misalnya : Waste Heat Evaporation – Beam,Waste Heat Evaporation – Girder dan lain-lain.

5 # DWG.NO

“Dwg.no” adalah kolom untuk nomer drawing (gambar).Jika satu nomer drawing dipecah dalam beberapa section, maka akan ditunjukkan nomer section seperti ini : 1 of 1, 1 of 2, 1 of 3 dan seterusnya.1 of 1 artinya gambar no 1 bagian 1, 1 of 2 artinya gambar no 1 bagian 2 dan seterusnya.


6 # REV

“REV” adalah bagian gambar yang menunjukkan jumlah revisi (perubahan,pembetulan).Misalnya : REV “0” berarti belum ada revisi,REV “1” berarti sudah direvisi satu kali, dan seterusnya.Jika terjadi kemunculan gambar yang sama namun ada bagian tertentu yang berbeda ukuran, gambar mana yang harus dipakai? 
Dengan melihat bagian “REV” kita akan tahu gambar mana yang terbit terakhir.Inilah pentingnya mengetahui fungsi kolom “REV”  pada gambar proyek / gambar fabrikasi.Menjawab pertanyaan di atas maka gambar yang dipakai adalah gambar yang sudah direvisi atau “REV” dengan angka terbesar.

7 # LIST OF MATERIALS

List Of Materials yaitu bagian gambar proyek / fabrikasi yang memuat petunjuk mengenai jenis material yang digunakan,ukuran,nomer item serta jumlah per item.List Of Materials merupakan bagian terpenting dalam fabrikasi maupun erection (instalasi).Kesalahan dalam membaca item menyebabkan fabrikasi tidak lolos inspeksi dan harus direpaire ulang tentunya.


8 # Kolom Gambar Produk

Pada kolom ini, produk yang akan dibuat,difabrikasi atau diinstalasi ditunjukkan secara keseluruhan.Gambar produk akan ditunjukkan dalam 3 views atau 2 views,tergantung kebutuhan.
  • Front View - penampakkan dari depan
  • Top View - penampakkan dari atas
  • View Side – penampakkan dari samping
  • Detail – memperjelas dimensi item tertentu

Demikian penjelasan mengenai bagian-bagian gambar fabrikasi yang harus diketahui.Ikuti posting selanjutnya diblog ini.Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bagian-bagian Gambar Fabrikasi Yang Harus Diketahui"

Post a Comment