STNK Hilang? Ini Cara Kreatif Pengurusan Ke Samsat 2017

Sekarang mengurus STNK baru (hilang) ke Samsat Gresik lebih cepat.Hanya sekitar 2 jam langsung beres, sudah dapat STNK baru dan plat nomornya (jika sudah jatuh tempo masa berlaku STNK).

pengurusan-stnk-baru-hilang

Posting kali ini sebagai kelanjutan dari artikel saya sebelumnya tentang STNK Hilang? Ini Cara Kreatif Mengurus STNK Baru 2017 Bagian # 1

Setelah melalui step by step langkah yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, maka pada bagian # 2 ini akan saya jelaskan step by step cara  mengurus STNK di Samsat.Silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Cara Mengurus STNK Baru Ke Samsat Gresik 2017

Sebelum berangkat ke kantor Samsat alangkah baiknya anda persiapkan berkas-berkas yang diperlukan sebagai syarat untuk pengurusan STNK baru, pengganti STNK lama.Disamping KTP dan BPKB jangan lupa teliti kembali semua berkas yang sudah didapatkan sebelumnya,  kemudian masukkan ke dalam satu map.Baca : STNK HILANG bagian pertama

Berikut persyaratan yang wajib dipersiapkan, yaitu :
  1. KTP (asli)
  2. BPKB (asli)
  3. Surat Keterangan Polsek (asli)
  4. Surat Keterangan Polres (asli)
  5. Surat Keterangan Datlantas (asli)
  6. Klipping Koran (asli)
Sertakan juga fotocopy masing-masing 3 lembar, atau bisa langsung ke kios fotocopy yang ada di kantor Samsat.Anda tinggal menyerahkan semua berkas dan bilang STNK hilang, nanti mereka sendiri yang mengatur dan menyusun berapa lembar masing-masing yang harus difotocopy serta diberi map sekaligus.

Kemudian,  lanjutkan ke langkah-langkah berikut:

1. Check fisik
Serahkan semua berkas yang asli serta fotocopynya di loket Check Fisik lalu tunggu sampai ada panggilan pengambilan berkas.

2. Gesek
Ke petugas bagian gesek nomer mesin dan rangka.Sepeda motor harus sudah standby di situ.

3. Gudang Arsip
Menyerahkan berkas ke loket Gudang Arsip untuk pengecekkan.

4. Kembali ke loket Check Fisik
Menyerahkan kembali berkas-berkasnya,tunggu ada panggilan.Disamping pengambilan berkas nanti anda akan mendapat formulir data-data yang harus diisi.Tidak perlu diisi semua, cukup nama, alamat, nomor rangka, nomor mesin dan nomor plat saja.

Selanjutnya langsung ke loket informasi.

5.  Loket Informasi
Katakan saja minta "Leges"

6. loket I (pendaftaran dan pengesahan)
Menyerahkan berkas kemudian menunggu panggilan untuk pengambilan BPKB dan KTP asli serta resi pembayaran.

7. Loket II (pembayaran, pengesahan dan penyerahan)
Melakukan pembayaran di loket serta pengambilan stnk baru (duplikat) dan nomor plat baru.
Biaya yang harus dibayar sekitar Rp.100.000.- atau sekitar Rp 423.000.- jika masa berlaku STNK sudah jatuh tempo (termasuk bayar pajak tahunan dan nomor plat baru).

Selesai.
Berapa total biaya yang harus dikeluarkan untuk pengurusan STNK baru sebagai pengganti STNK hilang?
Mari kita hitung.
  1. Biaya posting iklan di koran = Rp.60.000.-
  2. Biaya pengurusan STNK di Samsat = Rp.100.000.-
  3. Biaya Surat Keterangan dari Polsek, Polres dan Satlantas semua gratis.
Jadi total biayanya hanya Rp.160.000.-
Jika masa aktif STNK sudah jatuh tempo, seperti contoh stnk motor Vario saya 2012, maka total biayanya adalah sekitar Rp.423.000.- ditambah Rp.60.000.-  = Rp.483.000.- sudah termasuk bayar pajak, STNK baru dan Plat Nomor baru, belum termasuk ongkos fotocopy dan ngopi,hehe.
Jadi jika punya waktu lebih baik mengurusnya sendiri daripada ke calo yang minta biaya mahal serta memakan waktu yang sangat lama.

Demikian informasi pengalaman mengenai cara pengurusan STNK baru pengganti STNK hilang ke Samsat Gresik.Jika artikel ini bermanfaat silahkan share/bagikan di medsos Anda.Mari saling berbagi saling memberi manfaat.
Simak juga artikel lain di blog ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "STNK Hilang? Ini Cara Kreatif Pengurusan Ke Samsat 2017"

Poskan Komentar